Kamis, 27 November 2008

Novel Perahu karya Conie Sema


MULAI Jumat (21/11/2008) lalu, dapat dinikmati novel Perahu karya Conie Sema di www.novelperahu.blogspot.com. Novel ini bersetting masyarakat pesisir Lampung. Sebelumnya Conie Sema banyak bekerja di dunia teater bersama Teater Potlot. Novel ini ditulis di tengah kesibukan Conie Sema menjadi jurnalis. "Saya menulis novel, karena saya ingin menulis. Dan saya merasa lucu sehingga saya menulis novel," kata Conie.
Berikut kutipan dari novel Perahu:
Dari pengeras suara terdengar teriakan parau; “kawan-kawan! Satu rekan kita mati! Mereka menembak Rizal! Jangan mundur! Lawan! Maju… maju!” Mahasiswa kembali keluar dari kampus UBL. Mereka tumpah ruah ke jalan raya ZA Pagaralam, di depan kampus UBL.
Siapa Conie Sema? Inilah biodatanya:
CONIE SEMA, anak laki-laki, nomor urut lima dari sembilan bersaudara lahir di Kota Palembang. Bapaknya Sema’i (Alm), mengabdi jadi pegawai negeri sipil. Sampai pensiun berpangkat rendah, karena menolak dipaksa mencoblos Golkar, partainya ORBA. Selain bersastra juga berkesenian di Teater Potlot Palembang (1984-1996). Sehari-hari bekerja sebagai koresponden RCTI di Lampung.
Karya-karya drama yang ditulis dan sempat dipentaskan antara lain, Sari (drama tivi) produksi TVRI Palembang (1989), Bonseras (Boneka Setengah Waras), pentas tiga kota, Jambi, Lampung, dan Palembang (1992-1993). Sebungkus Deterjen Hari Ini di Palembang dan Jakarta (1993). Tahun 1994 hijrah ke Lampung, menggarap Orang-Orang Barunta pentas 6 Kabupaten dan Kota di Lampung (1999), Hutan Geribik Roadshow 50 desa di Lampung (2000).
Karya drama panggung lainnya yang belum sempat dipentaskan antara lain, Denting-Denting Piano (1989, drama tivi), Kereta Tanpa Rel (1996), Kondominium Bocor (1995), Monolog: Gergaji (2000), dan Rekonstruksi Angin (2001). Juga menulis esai-esai sastra dan budaya di Majalah Kebudayaan Dinamika, Sumatera Ekpres, Sriwijaya Post, Suara Rakyat Semesta, Media Indonesia, Lampung Post, Tabloid Sumber, Suara Lampung, dan lain-lain. Novel “Perahu” (2004-2006), adalah karya pertamanya menulis cerita panjang.

Nama : Conie Sema
Lahir : Palembang, 24 April 1965
Kelamin : laki-laki
Alamat : Jalan Imam Bonjol, Gang Randu 13 B, Kemiling, Bandarlampung
Pekerjaan : Jurnalis Televisi (Koresponden RCTI di Lampung)
Nama Isteri : Bisri Merduani
Nama Anak : 1. Sema Milenia
2. Sema Giga Ramadan
3. Sema Epik Revolka

0 Comments: